Entri Populer

Senin, 25 April 2011

TIDAK ADA YANG SIA-SIA

Dalam surat Ali Imran ayat 190-191 yang artinya sebagai berikut :
Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi dan silih bergantinya malam dan siang adalah tanda-tanda bagi orang yang berakal.(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata):" Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.
Ketika wahyu ini turun Rasulullah menangis terisak-isak sampai basah tempat beliau duduk. Ayat-ayat ini dirasakan oleh Rasulullah akan sangat berat dilaksanakan oleh umatnya.
1. Berfikir tentang penciptaan langit dan bumi, bagaimana Allah menciptakannya dari tiada menjadi ada.
2. Berfikir tentang apapun yang terjadi baik di langit maupun yang ada di bumi seperti meteor yang jatuh ke bumi, gempa, tsunami, banjir, tanah longsor, serangan ulat bulu dan lain-lain yang semuanya terjadi atas kehendak Allah swt.
3. Berfikir tentang keadaan manusia. Ada yang kaya ada yang miskin, ada yang sehat dan ada yang sakit, ada yang beriman dan ada yang kafir dan lain-lain yang semuanya juga atas kemauan Allah swt.
Dari hasil berfikir itu seharusnya akan menelorkan satu kesimpulan bahwa apapun yang terjadi pasti ada hikmahnya Tidak sia-sia Allah menciptakannya, "Tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia". Inilah ungkapan yang seharusnya muncul dari lubuk hati yang paling dalam.
Sebagai hasilnya kita umatnya diharapkan untuk dapat berzikir mengingat Allah baik di kala berdiri, duduk ataupun di kala berbaring. Subhanallah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar