Entri Populer

Senin, 30 Mei 2011

PENTINGNYA KESEMPURNAAN WUDHU'

Setiap orang yang akan shalat tentu akan berwudhu' terlebih dahulu. Banyak yang kita lihat orang berwudhu' asal-asalan atau tidak sempurna, kadang-kadang ada bagian yang tidak kena air. pada hal kalau dia tahu tentang betapa agungnya syariat Islam tentang berwudhu' ini tentu dia akan berusaha menyempurnakan wudhu'nya.

Mari kita ikuti sejenak rangkaian tata cara berwudhu'. Dimulai dari mengucapkan bismillahirrahmanirrahim sebagai pengagungan kepada Allah yang mempunyai sifat Kasih dan Sayang, yang telah memerintahkan kepada kita untuk membersihkan diri melalui wudhu', diteruskan dengan membasuh kedua tangan sampai pergelangan tangan, menyilang-nyilangi jari jemari, membersihkannya dari kotoran dan kuman yang menempel karena kedua tangan inilah yang dipergunakan untuk memegang sesuatu. Dilanjutkan dengan berkumur-kumur, membersihkan mulut dari sisa-sisa makanan dan kuman atau bakteri merusak yang bersarang di mulut, terus mamasukkan air ke hidung dengan cara dihirup lalu disemprotkan, akan membersihkan kotoran dan kuman yang bersarang di kedua lobang hidung. selanjutnya membasuh seluruh muka dari kening sampai dagu, dari pelipis kanan sampai pelipis kiri, akan membersihkan debu dan kotoran yang melekat, termasuk juga kuman-kuman.

Dilanjutkan dengan membasuh kedua tangan sampai siku sehingga kedua tangan bersih dari debu dan kotoran yang menempel, juga keringat. Menyapu kepala mulai dari depan ke belakang kembali lagi ke depan, sehingga debu dan kotoran yang menempel di rambut/kepala menjadi bersih. Berikut menyapu kedua daun telinga dalam dan luar, membersihkannya dari debu dan kotoran yang menempel. Terakhir adalah mencuci kedua kaki sampai mata kaki dan menyilang-nyilangi jari-jari kaki, tentu akan sangat menghasilkan kaki yang bersih dari daki dan kuman-kuman.

Dari kegiatan yang dilakukan dengan berwudhu', jelas sekali prinsip Islam dalam menjaga kebersihan anggota tubuh yang sering terbuka. Kebersihan pangkal kesehatan.Ini dilakukan minimal 5 kali dalam sehari semalam.
belum lagi kalau ditinjau dari sisi rohaninya. Semua anggota tubuh dari sering bermaksiat, sering berbuat dosa.Tangan mungkin dipergunakan untuk memukul orang, mengambil milik orang, mulut mungkin menyakiti hati orang, atau memakan barang yang haram, hidung mencium hal-hal yang tidak boleh dicium, mata yang ada dimuka memandang hal-hal yang tidak layak dipandang, telinga mungkin sering mendengar kata-kata yang tidak pantas didengar, dan kaki mungkin sering dipergunakan untuk melangkah ke tempat yang dilarang Allah. Dengan melakukan wudhu' dengan sempurna rohani dan jasmani menjadi bersih, jernih dan segar. 

Banyak ayat dan hadis yang berbicara tentang wudhu', menggambarkan betapa Islam mengutamakan kebersihan. Di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Sesungguhnya Allah sangat menyukai orang-orang yang bertaubat dan membersihkan diri.(Al-Ayah)
2. Dalam suatu dialog Rasulullah dengan sahabatnya :"Apa pendapat kalian bila ada sungai yang bersih jernih di depan rumahnya, lalu dia mandi lima kali dalam sehari, apakah masih ada daki yang menempel padanya ?". Jawab sahabat," Tidak ya Rasulullah". " Nah, begitulah orng yang berwudhu', berguguran dosa-dosanya bersamaan dengan jatuhnya air bekas wudhunya'".
3. Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku dan sapulah kepalamu dan (basuhlah) kedua kakimu sampai mtaa kaki" Al-Maidah :6
4. Tidak sah shalat bagi orang yang tidak berwudhu' dan tidak sah wudhu' orang yang tidak menyebut nama Allah atas wudhu'nya.Hadis dari Abu Hurairah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar