Entri Populer

Selasa, 14 Juni 2011

KENALLAH DIRIMU

Engkau tercipta oleh Sang Maha Pencipta di dalam rahim ibumu yang membutuhkan waktu selama 9 bulan 10 hari. Penciptaan itu melalui tahapan-tahapan dimulai dari bertemunya sperma bapak dengan indung telur ibu, maka jadilah segumpal darah, segumpal daging, lalu menjadi tulang belulang yang terbungkus daging. berikutnya ditiupkanlah ruh dari Yang Maha Kuasa menjadi makhluk jabang bayi dan akhirnya lahir sebagai anak manusia. Berbeda dengan makhluk hewan, manusia kecil (bayi) tidak dapat berbuat apa-apa kalau tidak dibantu ibu untuk menyusukannya, memandikannya, menidurkannya. Perkembangan selanjutnya di bawah asuhan ibu dengan bersusah payah. Dari bayi, meningkat menjadi anak-anak, lalu meningkat lagi menjadi remaja, dewasa, berumahtangga, beranak pinak, tua dan akhirnya mati.
Selama perjalanan waktu tersebut sudahkah kau mengenal dan memahami dirimu, siapa dirimu, apa kelebihan dan kekuranganmu, apa tujuan hidupmu dan hendak kemana engkau setelah kematian?
"Wafi anfusikum afala tubshirun, dan (juga) pada dirimu sendiri, maka apakah kamu tidak memperhatikan ? " Demikian firman Allah di dalam surat Adz-Dzariyat ayat 21. Artinya Allah menyuruh kita untuk mengenal diri kita. Tentu tiap orang akan menjawab dengan ungkapan bermacam-macam menurut fersinya masing-masing.
Yang penting adalah bahwa sepanjang perjalanan hidup kita ini selalu di bawah kendali dan pengawasan Allah swt. Dan akhir hidup kita, kita kembali kepadaNya untuk diminta pertanggungjawaban atas segala amal perbuatan kita. Siapkah kita ? Jangan sampai ketika kita telah berhadapan di pengadialanNya di akhirat kelak, kita mengeluh dan berharap "Alangkah baiknya sekiranya aku dahulu adalah tanah (menjadi tanah)" dalam surat An-Naba' ayat 40

4 komentar:

  1. Kadang" klo benar" di renungi mrinding... Bahwa iman dan kekafiran.. diri ini pun blum tau d tempat mana duduk x

    BalasHapus
  2. Kadang" klo benar" di renungi mrinding... Bahwa iman dan kekafiran.. diri ini pun blum tau d tempat mana duduk x

    BalasHapus
  3. Tiki-Fu Fusion Titanium Brushed Stainless Steel
    This is a fusion snow peak titanium spork titanium stainless steel hand made ti 89 titanium calculator steel titanium mens wedding bands hand made in Germany. We have ford ecosport titanium made the stainless steel Fusion Titanium Brushed Stainless titanium body armor Steel  Rating: 4.5 · ‎2 reviews · ‎$28.00 · ‎In stock

    BalasHapus